Bab IV

BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
atau
HASIL DAN PEMBAHASAN

Jika bentuk peneliitan adalah development research atau pengembangan sistem informasi (RPL) maka direkomendasikan menggunakan judul bab Implementasi dan Pembahasan, namun jika bentuk penelitian adalah  Experiment Research  maka judul penelitian bab ini direkomendasikan menggunakan Hasil dan Pembahasan.

Bab IV Implementasi dan Pembahasan merupakan paparan implementasi atau paparan hasil-hasil yang diperoleh peneliti dalam melakukan penelitian, serta menyajikan data dari hasil uji coba program atau produk hasil penelitian beserta pembahasannya.

Untuk model development research atau pengembangan Sistem Informasi (RPL), peneliti harus menyajikan informasi hasil dari pengembangan sistem tersebut apakah sudah sesuai dengan rancangan atau ada perubahan/pengembangan dari rancangan sebelumnya, hasil implementasi rancangan hingga testing. Selain itu, sebaiknya hasil penelitian juga dibandingkan dengan hasil penelitian terdahulu yang sejenis atau keadaan sebelumnya, sesuai dengan kondisi. Penelitian sebelumnya harus dipaparkan pada tinjauan pustaka (Bab II).

Bab IV Hasil dan Pembahasan dalam experiment research, penulis mengawali dengan membuat rancangan meyakinkan pembaca bahwa sistem/produk yang dihasilkan sudah sesuai dengan rancangan sebelumnya, dan bagaimana peneliti melakukan pengujian penggunaan produk. Hipotesis jika tercantum di Bab I sudah memperoleh jawaban benar atau salah; diterima atau ditolak; sesuai atau tidak sesuai; positif atau negatif; atau jawaban lainnya.

 ==============================================

Panduan Teknis

BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
atau
HASIL DAN PEMBAHASAN

Sebelumnya terdapat tiga model riset / penelitian dibidang Teknik Informatika atau Sistem Informasi atau Teknologi Informasi, yakni: Penelitian berbentuk Pembuatan/ Pengembangan Sistem Informasi/Rekayasa Perangkat Lunak (development research), Pembuatan Alat/ Protoype Teknologi (experiment research), dan Implementasi Teknik/ Knowledge (implement research).

Model riset yang ke-3 (implement research) saat ini mulai tidak direkomendasikan untuk dikerjakan oleh mahasiswa di STMIK AMIKOM Yogyakarta, karena biasanya mahasiswa hanya melakukan langkah-langkah, seperti: instalasi, konfigurasi, dan monitoring hasil untuk suatu obyek penelitian tanpa ada analisis yang mendalam serta metode penelitian yang relevan, kecuali tema atau usulan penitian mahasiswa (calon peneliti) tersebut masih diterima / di izinkan oleh jurusan.

Jika bentuk peneliitan adalah pengembangan sistem informasi (RPL) maka direkomendasikan menggunakan judul bab Implementasi dan Pembahasan, namun jika bentuk penelitian adalah Experiment Research maka judul penelitian bab ini direkomendasikan menggunakan Hasil dan Pembahasan.

BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

            Pada bab ini, peneliti tidak perlu menuliskan secara detail langkah-langkah pembuatan aplikasi, kecuali langkah-langkah tersebut adalah bagian dari penemuan peneliti (model terbaru). Bila pembuatan aplikasi seperti: database, form interface, halaman web, merupakan model yang sudah biasa dibuat oleh peneliti yang lain sebelumnya, maka peneliti cukup menampilkan format jadinya saja (capture tampilannya), dengan diberikan penjelasan tentang gambar tersebut.

Pada hakekatnya implementasi hasil penelitian dan melakukan pembahasan adalah kegiatan menjawab pertanyaan hipotesis atau rumusan masalah penelitian, apa yang dilakukan penulis untuk menyelesaikan permasalahan yang ada?, seperti apa hasil akhirnya?. Pada saat melakukan pembahasan, berarti peneliti melakukan interpretasi dan diskusi hasil penelitiannya.

Peneliti mungkin perlu membahas bagian-bagian yang tidak biasa ditulis oleh peneliti lainnya, dan membahas bagian penting dari implementasi rancangan yang dibuat oleh peneliti. Hal terpenting yang wajib dicantumkan oleh peneliti dalam  laporan skripsi ini adalah hasil testing pengujian, penulis dapat menggunakan standar pengujian yang direkomendasikan. Peneliti harus dapat ”memastikan” berdasarkan hasil testing, bahwa kualitas produk yang telah dibuat/dikembangkan sudah cukup/sangat layak untuk di gunakan. Bila peneliti menggunakan alat testing, maka peneliti harus memaparkan data rekomendasi bahwa alat tersebut adalah benar-benar layak digunakan sebagai alat pengujian, sudah diakui, dan sudah ter-standarisasi.

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil penelitian dan pembahasannya merupakan inti dari sebuah penelitian ilmiah. Pada penelitian ilmiah dengan pengajuan hipotesis, maka pada langkah inilah hipotesis itu dinyatakan diterima atau ditolak dan dibahas mengapa diterima atau ditolak. Bila hasil penelitian mendukung atau menolak suatu prinsip atau teori, maka dibahas pula mengapa demikian.  Pembahasan penelitian harus dikembalikan kepada teori yang menjadi sandaran penelitian ilmiah yang telah dilakukan.

Pada bab ini peneliti mengawali dengan memaparkan hasil rancangan, kemudian membuat alur produksi, proses pembuatan produk atau proses instalasi sistem (apakah sesuai rancangan atau ada perubahan dikarenakan faktor tertentu) dan menampilkan hasil implementasi rancangan (model/prototype) yang sudah jadi, serta menguraikan rekapitulasi  data-data hasil pengujian penggunaan prototype tersebut. Jika penulis menampilkan data berbentuk gambar atau table, maka penulis perlu memberikan uraian terhadap gambar atau table tersebut sebagai pembahasan.

4.1        Rancangan sistem atau Desain Produk

Perancangan sistem atau desain produk adalah rancangan model yang nantinya akan di produksi, merancang produk merupakan salah satu syarat untuk produksi. Hasil dari desain produk yang selanjutnya akan dijadikan sebagai spesifikasi / pedoman hasil produksi. Kemajuan teknologi berdampak pada berkembangnya desain-desain sistem dan produk yang kelak akan digunakan. Biasanya, sebagian besar perusahaan secara kontinyu melalui departemen riset mereka melakukan perubahan, perbaikan dan pengembangan terhadap produk-produk lama yang sudah ketinggalan jaman.

Hal-hal yang perlu dipelajari di dalam perancangan sistem/produk diantaranya adalah:

  1. Melaksanakan penelitian dan pengembangan terhadap pasar: agar produk yang dihasilkan nantinya dapat diproduksi secara masal dan dapat sukses di pasaran,
  2. Menyesuaikan Teknologi dengan Operasi: agar tidak menimbulkan masalah ketika proses produksi sudah mulai berjalan,
  3. Menganalisa metode kerja, penggunaan material dan waktu kerja: tujuan pokoknya adalah memperbaiki proses, prosedur dan pelaksanaan dalam menyelesaikan pekerjaan, melakukan penghematan penggunaan material, serta memperbaiki tata ruang agar lebih efektif, efisien, aman dan nyaman,
  4. Mengembangkan teknologi: agar sistem atau produk yang dihasilkan tidak ketinggalan jaman dan tidak kalah bersaing dipasaran

4.2     Rencana Instalasi atau Alur Produksi

Setelah penulis selesai dengan analisis data maka langkah selanjutnya adalah melakukan menuliskan atau menggambarkan rencana tahapan instalasi atau pengerjaan atau produksi untuk mewujudkan prototype / model system atau produk yang akan diwujudkan dalam penelitian ini. Contoh gambar alur produksi:

Contoh Alur Proses Produksi

Gambar 4.1 Contoh Alur produksi sambal (linier)

 Contoh Aliran Produksi Ban

Gambar 4.2 Contoh alur produksi ban (kompleks)

Contoh Alur Produksi Multimedia

Gambar 4.3 Contoh alur produksi broadcasting (linear simple)

 

Point pembahasan Bab IV :

 

BAB IV
IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN

4.1       Pembuatan Database dan Tabel (opsional/sesuai topik)

4.2       Pembuatan Interface (Form) (opsional/sesuai topik)

4.3       Koneksi Form dan Database Server (opsional/sesuai topik)

4.4       White-box Testing (menggunakan Software Testing Standard)

4.5       Kompilasi Program (membuat setup.exe)

4.6       Black-box Testing (opsional/sesuai topik)

4.7       Implementasi Program

4.7.1     Manual Program (opsional)

4.7.2     Manual Instalasi (opsional)

4.8       Pemeliharaan Sistem (opsional/sesuai topik)

4.9       Quesioner Penggunaan Aplikasi (opsional jika diperlukan)

 

atau

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1        Rancangan Sistem atau Desain Produk

4.2        Alur Produksi

4.3        Instalasi Sistem atau Pembuatan Produk

4.2        Model Sistem atau Hasil Akhir Produk

4.3        Hasil Pengujian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *